Tempat-Tempat Doa Mudah Terkabulkan Berdasarkan Hadits Rasulullah SAW.


Berdoa merupakan salah satu cara yang dilakukan hambanya untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, dengan berdoa, seorang hamba mampu meminta pertolongan, kesehatan, rezeki dan lain-lainnya dari Allah Yang Maha Kuasa.


Setelah berdoa, maka hal yang di harapkan oleh  seorang hamba adalah, doa-doa tersebut dari Allah SWT. setelah membaca 6 kiat agar doa mudah di IJABAH Allah SWT maka artikel berikut berisikan Tempat-tempat yang utamakan untuk berdoa agar doa mudah terkabulkan. Adapun tempat-tempat yang utamakan yaitu:
  1.  Di Dalam dan Didepan Ka'bah, Ka'bah memang sangat sulit dimasuki, akan tetapi,  Nabi SAW bersabda diriwayatkan oleh Abu Daud ra. Dari 'Aisyah r.a Berkata:" Aku sangat ingin memasuki ka'bah untuk melakukan salat di dalamnya, Rasulullah SAW membawa Siti 'Aisyah kedalam hijr Ismail sambil berkata "shalatlah kamu disini jika kamu ingin shalat didalam ka'bah, karena ini termasuk sebagian dari ka'bah"
  2. Hijr Ismail. Hijr Ismail terletak di sebelah utara Ka'bah yang berbentuk setengah lingkaran. hijr ismail dibangun oleh Nabi Ibrahim sebagai tempat berteduh sewaktu membangun Ka'bah. hijr ismail termasuk dalam bagian ka'bah oleh karena itu, tawaf dilakukan diluar hijr ismail. dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda. " Wahai Abu Hurairah, di pintu hijr ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan shalat 2 (dua) rakaat di hijr ismail: kamu telah diampuni dosa-dosamu Maka mulailah dengan amalanmu yang baru"
  3. Di atas Bukit Safa dan Bukit Marwah. safa adalah tempat awal dimulainya ibadah sa'i biasanya akan berdoa disini. safa merupakan tempat yang sangat di ijabah di daerah sekitar Masjidil Haram. sedangkan Marwah merupakan tempat berakhirnya ibadah sa'i dan para jama'ah akan bertahallul di marwah setelah semua proses ibadah umrah selesai.
  4. Di Belakang Maqam Ibrahim. Maqam yang dimaksud disini bukanlah kuburan melainkan batu  yang tercetak pijakan kaki Nabi Ibrahim saat beliau akan membangun ka'bah. dari Ibnu Abbas ra menyebutkan:"tidak ada satupun di dunia ini yang berasal dari surga kecuali Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim. dan Allah SWT dalam QS AL-Baqarah: 125. "Dan jadikanlah sebagian dari maqam ibrahim itu sebagai tempat shalat"
  5. Masjid Nabawi
  6. Padang Arafah, Berdasarkan sabda Rasulullah SAW" doa yang paling afdhal adalah doa di hari arafah. sedangkan di riwayat lain, disebutkan bahwa"tidak ada hari yang paling banyak Allah menentukan pembebasan hambanya dari neraka kecuali hari arafah.
Demikian beberapa tempat yang saya sebutkan tadi, amat sangat perlu di ketahui bahwa, setiap doa akan di dengarkan dan dikabulkan oleh Allah SWT karena Allah SWT Maha Pendengar dan Maha Pemurah. akan tetapi tempat tempat yang telah di sebutkan diatas di tulis berdasarkan kisah Rasulullah SWT, sahabat dan beberapa kisah ummat muslim lainnya. 
Share on Google Plus

About ariefraihandi

0 comments: