6 Kiat Agar Doa Mudah di IJABAH Oleh Allah SWT

Doa secara bahasa adalah meminta, sedangkan menurut syariat, pengertian doa adalah, memohon atau meminta sesuatu yang bermamfaat kepada Allah SWT baik berupa pertolongan ataupun meminta agar dihilangkan atau dijauhkan dari perbuatan keji. Doa tidak hanya di peruntukkan bagi orang-orang yang tertimpa musibah melainkan semua umat muslim seharusnya berdoa kepada Allah SWT.


Keutamaan Doa

  1. Berdoa dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. karena berdoa merupakan ibadah. sesuai hadis yang dari abu daud , الدُعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ "doa adalah ibadah" berdasarkan hadis tersebut maka dapat ketahui hakikat doa itu merupakan ibadah yang pada dasarnya ibadah dapat mendekatkan diri seorang hamba.
  2. Doa adalah fasilitas untuk menolak bala.
  3. Doa merupakan sebuah simbol ke-tawakkal-an seorangn hamba kepada Tuhannya.
  4. Doa mampu menjaukan hamba dari murka Allah SWT. berdasarkan hadist yang di riwayatkan oleh Tirmizi ra no.3373 مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللّهَ يَغْضَب عَلَيْهِ " Barang siapa yang belum berdoa kepada Allah SWT maka Allah SWT akan murka kepadanya"
  5. Doa adalah fasilitas kita untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.
  6. Doa dapat mengubah takdir seorang hamba.
Ayat-ayat Yang Memerintahkan Berdoa

 وَقَلَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَا دَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ 

Artinya:
Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaaan hina. (Al-Mu'min 60)


وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ  فَلْيَسْتَجيْبُواْ لِى وَلْيُؤْمِنُواْ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya:
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka(jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Al-Baqaarah 186)

Hadits-hadits Yang Memerintahkan Untuk Berdoa

حَدَّثْنَا الحَسَنُ بْنُ حَمَّادٍ الكُوفِيُّ, حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الحَسَنِ بْنِ أَبِي يَزِيدَ الْهَمْدَانِيُّ, عَنْ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ, عَنْ أَبِيْهِ, عَنْ جَدِّ, عَنْ عَلِيٍّ, قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللّهِ صلى اللّه عَلَيْهِ وَسَلَّم: "الدُّعَاءُ سِلَاحُ المُؤْمِنِ, وَعِمَادُ الدِّيْنِ, وَنُورُ السَمَاواتِ وَالأَ رْضِ
Artinya:
telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Hammad Al-Kuufiy, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Hassan bin Abu Yaziid al-Hamdaaniy, dari ja'far bin Muhammad, dari ayahnya, dari Kakeknya, dari 'Aliy ra, Rasulullah SAW bersabda, "Do'a adalah senjata orang mu'min, tiangnya agama dan cahaya langit dan bumi. (Musnad Abu Ya'laa no. 439)


KIAT-KIAT AGAR DOA MUDAH DI IJAABAH
  1. Berdoalah dengan ikhlas karena Allah SWT
  2. Jangan tergesa-gesa baik dalam Mengucapkan, Menunggu dan Menikmati Proses di ijabahnya doa. sebagai contoh, ketika orang lapar dan berdoa kepada Allah SWT, Allah tidak langung menghilangkan laparnya, akan tetapi ada proses yang Allah berikan. seperti anda mendapatkan makanan, kemudian anda harus memakannya dulu lalu diproses di perut maka lapar anda hilang. 
  3. Bersabarlah dalam menunggu Ijabah doa dan janganlah bosan berdoa. karena, selama kita menunggu doa itu maka akan terus terjadi proses pembersihan dosa dan peninggian derajat
  4. Menjauhi dirinya dari makanan dan minuman yang haram. dan doa-doa yang haram dan juga tempat-tempat yang haram untuk berdoa.
  5. Memaksimalkan tempat dan waktu yang mustajab. contohnya, antara Adzan dan Iqamah, di sepertiga malam. dan tempat dan waktu lainnya.
  6. Yakinlah doa itu akan di ijabah. karena Allah tidak akan menerima doa orang yang dirinya sendiri tidak yakin.

Share on Google Plus

About ariefraihandi

0 comments: